Latest Updates
Loading...

Featured Post

Novel Tales of Demons and Gods 13 Bahasa Indonesia

« Chapter Sebelumnya Daftar Isi Chapter Selanjutnya » Novel Tales of Demons and Gods 13 Bahasa Indonesia Tales Of Demons And...

Cara Memecahkan Masalah Jaringan yang Memakai 1 Router

Cara Memecahkan Masalah Jaringan yang Memakai 1 Router
Laporan Praktikum Troubleshooting Jaringan

    Dipostingan kali ini saya akan menjelaskan sedikit tentang menghadapi masalah (Troubleshooting) pada jaringan. Disini saya mencoba memperbaiki masalah yang ada pada router dan beberapa pc yang dimana tidak bisa terhubung satu sama lain. Aplikasi yang saya gunakan adalah Cisco Packet Tracer. Langsung saja simak. Jangan dekat - dekat dengan monitor dan jangan membaca di tempat yang gelap.


    Analisa dan Kesalahan :
1.      Pertama baca Bismillah dulu agar nanti dimudahkan
2.      Kita buka tugas tadi punya saya Cisconya versi 6.1, dan akan muncul seperti ini (untuk ip address yang di daerah switch0 = 192.168.100.1/26 dan yang di daerah switch1 = 192.168.10.1/28
     
3.      Dari gambar tersebut kabelnya salah karena masih merah dan sambungan kabel dari switch ke routernya menggunakan kabel straight dan saya coba cek pc1nya dan subnetmasknya salah
4.      Saya cek pc2 dan ipnya salah
5.      Setelah saya cek di pc5 ada salah ipnya
6.      Saya cek lagi dan ada salah subnetmasknya pada router FastEthernet0/1
Pembetulan :
1.      Kabelnya saya betulkan terlebih dahulu menjadi kabel straight dan jadinya seperti ini (menyala hijau semua / terhubung semua)
 
2.      Lalu di pc1 saya betulkan subnetmasknya router FastEthernet 0/0 menjadi seperti ini
3.      Dipc2 saya ganti ip addressnya dengan ip address yang sama jaringan dengan ip router FastEthernet0/0
4.      Dipc5 saya ganti ip addressnya yang sama jaringannya dengan FastEthernet 0/1 seperti ini
5.      Di routernya saya ganti subnetmasknya menjadi prefik 28 yaitu 255.255.255.240
Konfigurasi Semua :
1.      Saya konfigurasi semua pcnya dengan ditambahkan gateway untuk pc0-pc2 isikan gatewaynya seperti ip pada router FastEthernet0/1 dan untuk pc3-pc5 isikan gatewaynya seperti ip router FastEthernet0/0 seperti tampilan seperti ini

2.      Setelah itu saya coba ping dari semua pc ke semua pc seperti ini
3.      Di topologinya saya klik add simple PDU dari pc ke pc dan hasilnya successful
4.      Jika sudah seperti ini maka sudah berhasil dan selesai

  NB : Jika masih belum bisa coba ganti Gatewaynya sesuai dengan daerah swicth masing - masing

  Sekian dulu postingan dari saya, apabila ada salah kata mohon dimaafkan dan apabila benar itu datangnya dari Allah SWT. Terimakasih telah membaca. Selamat mencoba ^_^.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berkomentarlah yang baik dan sopan (no spam, no link)
//*Hargailah para penerjemah*//